REMEDIAL

Untuk menjawab soal silakan klik : download dan kirimkan jawabannya lewat kolom komentar

9 komentar:

  1. 1. D
    2. E
    3. C
    4. B
    5. C
    Nama: Dona Efriliza, Nur azizah, Arum Widyanigrum

    BalasHapus
  2. 1. d
    2. c
    3. c
    4. b
    5. c

    Yulia Pratami dan Jeni Elita

    BalasHapus
  3. 1. d
    2. c
    3. c
    4. b
    5. c
    Murti Aseh
    XI.IPS 2

    BalasHapus
  4. Nama : Dea Sarifa Hasanah
    Kelas : XI IPA 2
    Dik :
    Banyak bilangan antara 3000 dan 5000 yang dapat dibentuk dengan 7 angka 0,1,2,3,4,5,6.
    Dit :
    b. Tiap bilangan boleh mengandung angka yang sama
    Penyelesaian :

    2 7 7 7
    = 2 x 7 x 7 x 7
    = 686 cara

    Dik :
    Presiden, wakil Presiden, Sekretaris Kabinet beserta 5 Menteri Bidang Ekonomi.
    Dit :
    Berapa banyak cara duduk mereka jika Presiden duduk diantara Wakil Presiden dan Sekretaris Kabinet.
    Penyelesaian :
    P = n – 1
    = 6 – 1
    = 5! X 2!
    = (5x4x3x2x1) x (2x1)
    = 120 x 2
    = 240 cara

    Jabarkanlah dan uraikanlah bentuk : (3a2 – 2ab)6 ?
    Jawab :
    C_0^6 (3a2)6 + C_1^6 (3a2)5 (-2ab)1 + C_2^6 (3a2)4 (-2ab)2 + C_3^6 (3a2)3 (-2ab)3 + C_4^6 (3a2)2 (-2ab)4 + C_5^6 (3a2)1` (-2ab)5 + C_6^6 (-2ab)6
    729 a12 + 6.243a10 ¬– 2ab + 15.81.a8 + 4a2b2 + 20.207 a6 – 8a3b3 + 15,3a4 + 16a4b4 + 6.3a2.32a5b5 – 2a6b6
    729a12 + 1458a10 – 2ab + 1215a8 + 4a2b2 + 540a6 – 8a3b3 + 45a4 + 16a4 + 18a2 – 32a5b5 64 2a6b6.

    Dik :
    6 ahli matematika dan 5 ahli computer dipilih 7 orang, dan 4 orang dari matematika.
    Dit :
    Dalam berapa carakah pemilihan itu dapat dilakukan ?
    Penyelesaian :
    C_(4 )^6 . C_3^5 = (n !)/(r!(n-r)) . (n !)/(r!(n-r))
    C_7^11 (n !)/(r!(n-r))
    = (6 !)/(4!.2!) . 5!/(3! .2 !)
    (11 !)/(7 ! .4 !)
    = (6x5x4 !)/(4 ! .2! ) . (5x4x3 !)/(3 ! .2 !)

    (11x10x9x8x7 !)/(7 ! .4 !)
    = 30/2 . 20/2
    (7920 !)/24
    = (15 . 10)/330 = 150/330 = 5/11 cara
    Dik : kantong A : 5 kelereng merah dan 3 kelereng putih.
    Kantong B : 2 kelereng merah dan 6 kelereng putih.
    Dit : b. Kedua kelereng berwarna berbeda ?
    Penyelesaian :
    ((C_1^5)/(C_1^8 ) X (C_1^6)/(C_1^8 )) + ((C_1^2)/(C_1^8 ) X (C_1^3)/(C_1^8 ))
    = (5/8 X 6/8) + (2/8 X 3/8)
    = 30/64 + 6/64 = 36/64 = 9/16

    Dik : 5 bola merah, 4 bola putih, 3 bola kuning.
    Dit : Diambil 2 bola satu demi satu tanpa pengambilan.
    b. Hitung peluang jika terambil kedua- duanya bola kuning
    Penyelesaian :
    P (K1) x P (K1 | K2) = 3/( 12) x 2/11
    = 6/132
    = 1/22

    Soal Sendiri :
    Peluang seorang anak terkena suatu penyakit adalah 0,15. Jumlah anak dari 1000 anak yang diperkirakan tidak terkena penyakit itu adalah …..
    Penyelesaian :
    D1 : A = kejadian seorang anak terkena suatu penyakit
    N = 1000
    D2 : fh(A) ….. ?
    D3 :
    P(seorang anak terkena suatu penyakit) = 0,15
    P( seorang anak tidak terkena suatu penyakit ) = 1 – P(seorang anak terkena penyakit)
    = 1 – 0,15
    = 0,85
    Fh(A) = p(A) x N
    = 0,85 x 1000
    = 850

    Jadi , anak yang diperkirakan tidak terkena penyakit adalah 850 orang.

    Dari seperangkat kartu dilakukan pengambilan secara acak sebanyak 260kali dan setiap kali pengambilan kartu dikembalikan,berapa frekwensi harapan yangterambil kartu as..
    Penyelesaian :
    A=muncul kartu as
    A={as as as as }
    N=260 kali
    f(h)=p(a)Xn
    = x260
    =20
    Jadi frekwensi harapan tersebut adalah 20.

    Tiga keping mata uang logam yang sama dilempar bersama-sama sebanyak 40 kali. Frekuensi harapan agar munculnya 2 gambar di sebelah atas adalah ...

    Penyelesaian :

    P(dua gambar satu angka) = 1/4, maka
    Fh = P(A) x banyak percobaan
    = 1/4 x 40
    = 10

    Dari 60 kali pelemparan sebuah dadu, maka frekuensi harapan munculnya mata dadu faktor dari 6 adalah …

    Penyelesaian :

    P(faktor dari 6)
    maka
    Fh = P(A) x banyak percobaan
    = 2/3 x 60
    = 40
    Jika sebuah dadu dilempar 36 kali, maka frekuensi harapan muncul mata dadu bilangan prima adalah …
    Penyelesaian :

    P(bilangan prima) = ½ maka
    Fh = P(A) x banyak percobaan
    = ½ x 36
    = 18





    BalasHapus
  5. Nama : Dea Sarifa Hasanah
    Kelas : XI IPA 2
    Dik :
    Banyak bilangan antara 3000 dan 5000 yang dapat dibentuk dengan 7 angka 0,1,2,3,4,5,6.
    Dit :
    b. Tiap bilangan boleh mengandung angka yang sama
    Penyelesaian :

    2 7 7 7
    = 2 x 7 x 7 x 7
    = 686 cara

    Dik :
    Presiden, wakil Presiden, Sekretaris Kabinet beserta 5 Menteri Bidang Ekonomi.
    Dit :
    Berapa banyak cara duduk mereka jika Presiden duduk diantara Wakil Presiden dan Sekretaris Kabinet.
    Penyelesaian :
    P = n – 1
    = 6 – 1
    = 5! X 2!
    = (5x4x3x2x1) x (2x1)
    = 120 x 2
    = 240 cara

    Jabarkanlah dan uraikanlah bentuk : (3a2 – 2ab)6 ?
    Jawab :
    C_0^6 (3a2)6 + C_1^6 (3a2)5 (-2ab)1 + C_2^6 (3a2)4 (-2ab)2 + C_3^6 (3a2)3 (-2ab)3 + C_4^6 (3a2)2 (-2ab)4 + C_5^6 (3a2)1` (-2ab)5 + C_6^6 (-2ab)6
    729 a12 + 6.243a10 ¬– 2ab + 15.81.a8 + 4a2b2 + 20.207 a6 – 8a3b3 + 15,3a4 + 16a4b4 + 6.3a2.32a5b5 – 2a6b6
    729a12 + 1458a10 – 2ab + 1215a8 + 4a2b2 + 540a6 – 8a3b3 + 45a4 + 16a4 + 18a2 – 32a5b5 64 2a6b6.

    Dik :
    6 ahli matematika dan 5 ahli computer dipilih 7 orang, dan 4 orang dari matematika.
    Dit :
    Dalam berapa carakah pemilihan itu dapat dilakukan ?
    Penyelesaian :
    C_(4 )^6 . C_3^5 = (n !)/(r!(n-r)) . (n !)/(r!(n-r))
    C_7^11 (n !)/(r!(n-r))
    = (6 !)/(4!.2!) . 5!/(3! .2 !)
    (11 !)/(7 ! .4 !)
    = (6x5x4 !)/(4 ! .2! ) . (5x4x3 !)/(3 ! .2 !)

    (11x10x9x8x7 !)/(7 ! .4 !)
    = 30/2 . 20/2
    (7920 !)/24
    = (15 . 10)/330 = 150/330 = 5/11 cara
    Dik : kantong A : 5 kelereng merah dan 3 kelereng putih.
    Kantong B : 2 kelereng merah dan 6 kelereng putih.
    Dit : b. Kedua kelereng berwarna berbeda ?
    Penyelesaian :
    ((C_1^5)/(C_1^8 ) X (C_1^6)/(C_1^8 )) + ((C_1^2)/(C_1^8 ) X (C_1^3)/(C_1^8 ))
    = (5/8 X 6/8) + (2/8 X 3/8)
    = 30/64 + 6/64 = 36/64 = 9/16

    Dik : 5 bola merah, 4 bola putih, 3 bola kuning.
    Dit : Diambil 2 bola satu demi satu tanpa pengambilan.
    b. Hitung peluang jika terambil kedua- duanya bola kuning
    Penyelesaian :
    P (K1) x P (K1 | K2) = 3/( 12) x 2/11
    = 6/132
    = 1/22

    Soal Sendiri :
    Peluang seorang anak terkena suatu penyakit adalah 0,15. Jumlah anak dari 1000 anak yang diperkirakan tidak terkena penyakit itu adalah …..
    Penyelesaian :
    D1 : A = kejadian seorang anak terkena suatu penyakit
    N = 1000
    D2 : fh(A) ….. ?
    D3 :
    P(seorang anak terkena suatu penyakit) = 0,15
    P( seorang anak tidak terkena suatu penyakit ) = 1 – P(seorang anak terkena penyakit)
    = 1 – 0,15
    = 0,85
    Fh(A) = p(A) x N
    = 0,85 x 1000
    = 850

    Jadi , anak yang diperkirakan tidak terkena penyakit adalah 850 orang.

    Dari seperangkat kartu dilakukan pengambilan secara acak sebanyak 260kali dan setiap kali pengambilan kartu dikembalikan,berapa frekwensi harapan yangterambil kartu as..
    Penyelesaian :
    A=muncul kartu as
    A={as as as as }
    N=260 kali
    f(h)=p(a)Xn
    = x260
    =20
    Jadi frekwensi harapan tersebut adalah 20.

    Tiga keping mata uang logam yang sama dilempar bersama-sama sebanyak 40 kali. Frekuensi harapan agar munculnya 2 gambar di sebelah atas adalah ...

    Penyelesaian :

    P(dua gambar satu angka) = 1/4, maka
    Fh = P(A) x banyak percobaan
    = 1/4 x 40
    = 10

    Dari 60 kali pelemparan sebuah dadu, maka frekuensi harapan munculnya mata dadu faktor dari 6 adalah …

    Penyelesaian :

    P(faktor dari 6)
    maka
    Fh = P(A) x banyak percobaan
    = 2/3 x 60
    = 40
    Jika sebuah dadu dilempar 36 kali, maka frekuensi harapan muncul mata dadu bilangan prima adalah …
    Penyelesaian :

    P(bilangan prima) = ½ maka
    Fh = P(A) x banyak percobaan
    = ½ x 36
    = 18





    BalasHapus

  6. Perbaikan UH 1
    Data produksi padi di setiap desa di kecamatan sukajaya antara lain Desa A 151,2◦, Desa B 90◦, Desa C 36◦, Desa D 72◦, Desa E sekian derajat, Tentukan :
    a. Presentase produksi padi yang dihasilkan desa E?
    b. Jika produksi padi yang dihasilkan kecamatan sukajaya 180 ton, tentukan produksi padi pada setiap desa?
    c. Apa yang dapat anda simpulkan?
    Jawab :
    A. Dik : Desa A = 151,2
    Desa B = 90
    Desa C = 36
    Desa D = 72
    Dit : Desa E
    = 360 – 151,2 – 90 – 36 – 72
    = 11,2/100 = 0, 11%
    B. Desa A : 151,2/180 X 360 = 302,4
    Desa B : 90/180 X 360 = 180
    Desa C : 36/180 X 360 = 72
    Desa D : 72/180 X 360 = 144

    C.


    2. Seorang peneliti mengadakan penelitian tentang berat badan dari 35 orang. Data hasil penelitian itu (dalam kg) diberikan berikut ini :
    48 32 46 27 43 46 25 41 40 58 16 36 21 42 47 55 60 58 46 44 63 66 28 56 50 21 56 55 25 74 43 37 51 53 39
    Tentukan :
    a. sajikan data tersebut ke dalam tabel distribusi frekuensi ?
    b. Buatkanlah Histogram dan Poligon ?
    Jawab :
    A.

    Berat Frekuensi
    16 1
    21 2
    25 1
    27 1
    28 1
    32 1
    36 1
    37 1
    39 1
    40 1
    41 1
    42 1
    44 1
    46 3
    47 1
    48 1
    50 1
    51 1
    53 1
    55 2
    56 2
    58 2
    60 1
    63 1
    66 1
    74 1























    B. Histogram dan poligon



    3. Pernyataan yang benar berdasarkan data berikut : 8, 2, 4, 2, 6, 4, 8, 2, 4, 6, 2 berikut adalah :
    a. modus < median < mean
    b. mean = median
    c. modus < mean < median
    d. mean < median < modus
    e. median < modus < mean
    Jawab :
    a. modus = 2, median = 4, mean = 48
    b. mean = 48, median = 4
    c. modus = 2, mean = 48, median = 4
    d. mean = 48, median = 4, modus = 2
    e. median = 4, modus = 2, mean = 48
    jadi, jawaban yang benar adalah A

    Membuat latihan soal :
    1. diketahui data tentang tinggi badan 50 siswa dalam satuan cm. tentukan mean, median dan modus dari data tersebut.
    Tinggi badan (cm) Frekuensi
    140 - 145 2
    146 – 151 7
    152 – 157 13
    158 – 163 15
    164 – 169 10
    170 - 175 3
    Menentukan nilai tengah
    Tinggi badan (cm) Titik tengah (xi) Frekuensi (fi) Fixi
    140 - 145 142,5 2 285
    146 – 151 148,5 7 1039,5
    152 – 157 154,5 13 2008,5
    158 – 163 160,5 15 2407,5
    164 – 169 166,5 10 1665
    170 - 175 173,5 3 520,5
    50 7926

    *. mean = (∑fixi)/n
    = 7929/50 = 158,52
    *. dik ; L = 151,5 ,C = 6 ,fd = 13 , fc = 7 + 2= 9 , n = 50
    Median = L + C ( ( n/2 –fc )/fd )
    = 151,5 + 6 ( ( 50/2 –9 )/13 ) = 151,5 + 6 ( (16 )/13 ) = 151,5 + 7,3 = 158,88
    *. dik : L = 151,5 ,C = 6 ,S1= 13 - 7 =6 ,S2 = 13 – 15 = -2
    Modus = L + C ( (S1 )/(SI + S2) )
    = 151,5 + 6 ( 6/(6 + -2) ) = 151,5 + 9 = 160,5


    Interval Frekuensi
    25 – 34 2
    35 – 44 4
    45 – 54 9
    55 – 64 7
    65 – 74 18
    75 – 84 7
    85 – 94 3

    3. diketahui tabel jumlah seluruh siswa menurut jenis kelamin. Buatlah diagram batang dan diagram garis untuk data tersebut.
    No Kelas Jumlah seluruh siswa Jumlah seluruh siswa menurut jenis kelamin
    Laki - laki perempuan
    1 I 26 12 14
    2 II 48 26 22
    3 III 22 13 9
    4 IV 33 19 14
    5 V 36 20 16
    6 VI 48 22 26

    Diagram batang

    Diagram garis

    4. Tentukan variansi dan simpangan baku dari data dibawah ini :
    Nilai Frekuensi X1 F1 . X1 X1 – X (X1 – X)2 F1 . (X 1 - X)
    30 – 39 1 34,5 34,5 -34,13 1190,25 -34,13
    40 – 49 3 44,5 133,5 -24,13 582,25 -72,39
    50 – 59 2 54,5 109 -14,13 199,65 -28,26
    60 – 69 6 64,5 387 318,37 101359,46 1,910
    70 – 79 11 74,5 819,5 5,87 34,45 64,57
    80 – 89 6 84,5 507 438,37 192168,26 2,630
    29 X = 1990,5 /29 = 68,63
    203,89

    X = Nilai rata-rata
    = √(203,89/29) = √7.03 = 2,65
    V/R = S2
    = 7,03

    5. Sebanyak 10 siswa mendapat nilai ulangan matematika yakni, 50, 88, 55, 53, 100, 88, 60, 62, 78, 100. Tentukanlah mean dari data tersebut.
    Jawab :
    Mean = (∑▒〖 x1〗)/n = (50+88+ 55+53+100+88+60+62+78+100 )/10 = 73,4


    BalasHapus

Silakan Tinggal Komentarnya

FACEBOOK

PENGIKUT

BUKU TAMU