Abstrak
Media Harja, 2011. Peningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Kepala Bernomor (Numbered Heads Together) Pada Kelas XI IPS 2 Di SMA PLUS Negeri 2 Banyuasin III
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe kepala bernomor (Numbered Heads Together) pada kelas XI IPS 2 di SMA PLUS Negeri 2 Banyuasin III dan melihat aktivitas siswa dalam penggunakan model pembelajaran kooperatif tipe kepala bernomor (Numbered Heads Together) pada kelas kelas XI IPS 2 di SMA PLUS Negeri 2 Banyuasin III. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam siklus, tiap siklus dalam penelitian meliputi empat langkah yaitu, (1) perencanaan (planning), (2) pelaksanaan tindakan (acting), (3) pengamatan (observing), dan (4) refleksi (reflecting). Subjek yang diteliti adalah 23 siswa kelas XI IPS 2 di SMA PLUS Negeri 2 Banyuasin III tahun pelajaran 2010/2011. Fokus dalam penelitian ini adalah model pembelajaran kooperatif tipe kepala bernomor (Numbered Heads Together). Data proses pembelajaran diperoleh dari angket keterlibatan siswa.
Model pembelajaran kooperatif tipe kepala bernomor (Numbered Heads Together) dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Dengan rincian pada Siklus I dan Siklus II diperoleh hasil belajar siswa terjadi peningkatan sebesar 13,05 % dan aktivitas keterlibatan siswa terjadi peningkatan sebesar 30,44 %.
Berdasarkan data penelitian dan pembahasan dapat diambil kesimpulan bahwa melalui model pembelajaran kooperatif tipe kepala bernomor (Numbered Heads Together) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI kelas XI IPS 2 di SMA PLUS Negeri 2 Banyuasin III.
Kata Kunci :
Hasil Belajar, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Kepala Bernomor (Numbered Heads Together).
Minggu, 02 Oktober 2011
Peningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Kepala Bernomor (Numbered Heads Together) Pada Kelas XI IPS 2 Di SMA PLUS Negeri 2 Banyuasin III
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Menurut saya inovasi dalam metode pembelajaran sangat penting metode yang baik akan meningkatkan pemahaman bagi siswa terutama dalam pelajaran matematika yang membutuhkan keaktifan, metode tersebut harus diterapkan karena menurut data diatas metode tersebut dapat meningkatkan hasil belajar selai itu menurut saya siswa dapat sungguh-sungguh dalam diskusi, semua siswa menjadi siap, dan siswa yang lebih pandai dapat mengajari yang kurang pandai
BalasHapusmkasi y.seorang guru perlu adanya inovasi2 dlm pembelajaran. insyallah kedepan akan muncul lg inovasi2 pembelajaran yg baru.
BalasHapusbenar sekali pak, semangat belajar kami meningkat drastis. kami tunggu pak inovasi barunya.
BalasHapus@ Ica : iya nak, tunggu aja insyallah akhir tahun ini atau paling lambat awal tahun depan bapak akan ada inovasi baru lg yang akan bpk lakukan
BalasHapusiya pak, sukses selalu pak. dan semoga tetap eksis di dunia pendidikan :-)
BalasHapusmkasi y, nak.
BalasHapus