RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran :
Matematika
Kelas/Semester :
XI IPS / Ganjil
Alokasi Waktu :
2 x 45 Menit
STANDAR KOMPETENSI :
Menggunakan
aturan statistik, kaidah pencacahan, dan sifat-sifat peluang dalam pemecahan
masalah.
KOMPETENSI DASAR :
1.4
Menentukan ruang sampel suatu percobaan
INDIKATOR :
Menentukan banyak kemungkinan kejadian dari
berbagai situasi
Menuliskan himpunan kejadian dari suatu
percobaan
I.
Tujuan
Pembelajaran
·
Siswa
dapat menunjukkan banyak kemungkinan kejadian dari berbagai situasi
·
Siswa
dapat menuliskan himpunan kejadian dari suatu percobaan
·
Siswa
mendefinisikan ruang sampel dan titik sampel
·
Siswa
mendefinisikan kejadian
II.
Materi
Pembelajaran :
·
Peluang
suatu Kejadian
·
Ruang
sampel dan Titik Sampel
·
Kejadian
III.
Metode
Pembelajaran
Model
Pembelajaran : PMRI
Metode
:
Inquiri dan Diskusi
IV.
Langkah
– Langkah :
No
|
AKTIVITAS GURU
|
AKTIVITAS SISWA
|
|
A
|
Kegiatan
awal (10’)
|
||
|
1.
Membuka
Pelajaran
Apersepsi :
Mengucapkan salam dengan ramah kepada siswa ketika
memasuki ruang kelas (nilai yang ditanamkan : santun, peduli)
Mengecek kehadiran siswa (nilai yang
ditanamkan disiplin, rajin)
Motivasi :
Mengaitkan materi/kompetensi yang akan
dipelajari dengan karakter
2.
Menyampaikan
Tujuan Pembelajaran
dan
Informasi mengenai bentuk aktivitas
yang akan dilakukan peserta didik sehubungan dengan model Pembelajaran yang
akan dilaksanakan
|
Mendengarkan dan memperhatikan guru
Membentuk kelompok (3-5 orang)
Setiap ketua kelompok mengambil LKS
|
|
B
|
Kegiatan
Inti (60’)
|
||
|
Tahap 1 :
Eksplorasi
|
||
|
Mmenberikan stimulus berupa pemberian materi
presentasi
Mengajukan masalah yang ada di LKS
|
Mempelajari masalah tersebut
Mendiskusikannya, berkomunikasi lisan
Membahas masalah
|
|
|
Tahap 2
: Elaborasi
|
||
|
Meminta peserta didik berdiskusi Menyelesaikan LKS
Membimbing peserta didik mengumpulkan
informasi untuk menyelesaikan pemecahan masalah
|
Menyampaikan ide-ide dalam kelompoknya
sendiri cara menyelesaikan masalah dengan menghubungkan pengetahuan yang
telah dipelajarinya terdahulu
Mengumpulkan informasi tahapan penyelesaian
masalah
Menyelesaikan tugas secara kelompok
|
|
|
Tahap 3
: Konfirmasi
|
||
|
Memberikan umpan balik dengan penguatan
Mengkonfirmasi hasil pekerjaan
Memberikan motivasi kepada siswa
kurang/belum bisa
|
Mempresentasikan pekerjaan dimuka kelas
Memfasilitasi untuk refleksi pekerjaan
temannya
|
|
C
|
Penutu
(20 Menit)
|
||
|
1.
Kesimpulan
:
|
|
|
|
Membimbing peserta didik dalam menyimpulkan
materi pembelajaran
Evaluasi, Menyelesaikan
soal-soal dirumah
Menyampaikan rencana pembelajaran berikutnya.
|
Menyimpulkan materi dengan bimbingan guru
Dan
Refleksi bersama guru terhadap kegiatan yang
sudah dilakukan
|
|
V.
Sumber
belajar / Bahan /Alat
Alat : Infocus
dan Laptop, Alat peraga
Sumber Belajar :
LKS, Buku paket siswa
VI.
Penilaian
Teknik/Jenis
Tagihan : Tes tertulis
Bentuk : Essay/Uraian
Rublik soal dan
penskoran :
No
|
Rublik Soal
|
Kunci/Rublik Penskoran
|
1
|
Sebutkan Definisi :
Ruang sampel
Titik sampel
|
10
|
2
|
Pelemparan dua Buah Uang logam lima ratusan, Tentukan :
a.
Ruang
sampel
b.
Banyak
titik sampel
|
15
|
3
|
Pelemparan Uang logam lima ratusan dan sebuah dadu,
Tentukan :
a.
Ruang
sampel
b.
Banyak
titik sampel
|
20
|
4
|
|
25
|
|
Skor jawaban Maksimum
|
100
|
Kepala Sekolah Guru Bidang Studi
Sulaiman, S.Pd., M.Si Media
Harja, SPd
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Silakan Tinggal Komentarnya