Kamis, 21 Juni 2012

Peringkat Siswa Semester Genap 2011/2012


PERINGKAT KELAS XI IPA 2
SEMESTER GENAP 2011/2012
SMA PLUS NEGERI 2 BANYUASIN III
NO
NAMA
JUMLAH
RANGKING
1
Abi Muji Prawidiyanti
82,5
17
2
Affandi
82,42857143
18
3
Ahmad Jarnawi
84,07142857
10
4
Akhid Luthfia Winarni
83,71428571
11
5
Angga Wijaya
82,82142857
16
6
Devi Kurnia Pasari
82,35714286
19
7
Dhyas Brammantio
83,21428571
13
8
Dini Apriliyana
83,32142857
12
9
Diniar Kurnia Elva
81,67857143
22
10
Jeni Fidi Astuti
84,5
7
11
Karta Sari Genti
82,35714286
19
12
Lia Istina
81,28571429
23
13
Marlisa
83,17857143
14
14
Muhammad Ridho Mario
81,28571429
23
15
Nia Indah Pratiwi
87,07142857
3
16
Ratih Rahmaliah
82,89285714
15
17
Ratih Wulandari
87
4
18
Rismitha Andini
87,92857143
1
19
Rini Acebeli
84,42857143
8
20
Sigit Youngki Wijaya
84,10714286
9
21
Tria Emerlin
86,64285714
5
22
Vivi Permatasari
81,75
21
23
Winda Agusthia
85,46428571
6
24
Yuhelensi
87,82142857
2





PMRI RUANG SAMPEL DAN KEJADIAN


PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA (PMRI) PADA POKOK BAHASAN PELUANG (RUANG SAMPEL DAN KEJADIAN) DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA


I.           PENDAHULUAN
Salah satu tujuan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) yaitu menginginkan siswa untuk aktif, inovatif, efektif dan mengaitkan pelajaran dengan kehidupan sehari-hari. Dengan adanya KTSP ini maka guru juga dituntut untuk melaksanakan proses Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) dengan sebaik mungkin. Salah satu yang membuat proses pembelajaran menjadi aktif jika adanya pendekatan pembelajaran yang mendorong siswa untuk aktif.
Matematika merupakan mata pelajaran yang bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut (Dokumen Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar untuk mata pelajaran matematika (Permen No. 22 tahun 2006)):
1.        Memahami konsep matematika, menjelaskan keterkaitan antarkonsep dan mengaplikasikan konsep atau algoritma, secara luwes, akurat, dan tepat dalam pemecahan masalah.
2.        Menggunakan penalaran pada pola dan sifat, melakukan manipulasi matematika dalam membuat generalisasi, menyusun bukti, atau menjelaskan gagasan dan pernyataan matematika.
3.        Memecahkan masalah yang meliputi kemampuan memahami masalah, merancang model matematika, menyelesaikan model dan menafsirkan solusi yang diperoleh.
4.        Mengomunikasikan gagasan dengan symbol, tabel, diagram, atau media lain untuk memperjelas keadaan atau masalah.
5.        Memiliki sikap menghargai kegunaan matematika dalam kehidupan, yaitu memiliki rasa ingin tahu, perhatian, dan minat dalam mempelajari matematika, serta sikap ulet dan percaya diri dalam pemecahan masalah.
Pada tujuan dalam Permen No. 22 tahun 2006, salah satunya mata pelajaran matematika disetiap kesempatan hendaknya dimulai dengan pengenalan masalah yang sesuai dengan situasi siswa. Dengan pengenalan masalah, siswa dibimbing secara bertahap untuk menguasai konsep matematika. KTSP menginginkan siswa dapat mengembangkan kompetensinya sehingga kegiatan pembelajaran berpusat pada siswa. Selain itu, siswa juga mempunyai kemampuan dalam menyelesaikan masalah yang ada dalam kehidupannya. Kemampuan tersebut harus dapat dikembangkan oleh guru melalui pendekatan-pendekatan atau model pembelajaran. Pendekatan yang digunakan juga merupakan pendekatan yang sangat mendukung siswa untuk aktif, inovatif dan efektif dalam menyelesaikan suatu masalah terutama yang sesuai dengan kehidupan mereka.
Salah satu pendekatan yang mendukung hal tersebut adalah Pendekatan Matematika Realistik Indonesia (PMRI). Dalam makalah ini, penulis akan membahas PMRI dalam Pembelajarn Matematika di kelas.

RPP Ruang sampel


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran                : Matematika
Kelas/Semester                : XI IPS / Ganjil
Alokasi Waktu                   : 2 x 45 Menit


STANDAR KOMPETENSI        :
Menggunakan aturan statistik, kaidah pencacahan, dan sifat-sifat peluang dalam pemecahan masalah.
KOMPETENSI DASAR :
1.4 Menentukan ruang sampel suatu percobaan
INDIKATOR                             :
Menentukan banyak kemungkinan kejadian dari berbagai situasi
Menuliskan himpunan kejadian dari suatu percobaan

I.                    Tujuan Pembelajaran
·         Siswa dapat menunjukkan banyak kemungkinan kejadian dari berbagai situasi
·         Siswa dapat menuliskan himpunan kejadian dari suatu percobaan
·         Siswa mendefinisikan ruang sampel dan titik sampel
·         Siswa mendefinisikan kejadian

II.                  Materi Pembelajaran             :
·         Peluang suatu Kejadian
·         Ruang sampel dan Titik Sampel
·         Kejadian

III.                Metode Pembelajaran
Model Pembelajaran              : PMRI
Metode                                    : Inquiri dan  Diskusi

IV.                Langkah – Langkah :
No
AKTIVITAS GURU
AKTIVITAS SISWA
A
Kegiatan awal (10’)

1.      Membuka Pelajaran

Apersepsi :
Mengucapkan salam dengan ramah kepada siswa ketika memasuki ruang kelas (nilai yang ditanamkan : santun, peduli)
Mengecek kehadiran siswa (nilai yang ditanamkan disiplin, rajin)

Motivasi :
Mengaitkan materi/kompetensi yang akan dipelajari dengan karakter
2.      Menyampaikan Tujuan Pembelajaran
 dan Informasi mengenai bentuk  aktivitas yang akan dilakukan peserta didik sehubungan dengan model Pembelajaran yang akan dilaksanakan



Mendengarkan dan memperhatikan guru

Membentuk kelompok (3-5 orang)

Setiap ketua kelompok mengambil LKS
B
Kegiatan Inti (60’)

Tahap 1 :  Eksplorasi

Mmenberikan stimulus berupa pemberian materi presentasi  
Mengajukan masalah yang ada di LKS
Mempelajari masalah tersebut
Mendiskusikannya, berkomunikasi lisan
Membahas masalah

Tahap 2 : Elaborasi

Meminta peserta didik  berdiskusi Menyelesaikan LKS
Membimbing peserta didik mengumpulkan informasi untuk menyelesaikan pemecahan masalah
Menyampaikan ide-ide dalam kelompoknya sendiri cara menyelesaikan masalah dengan menghubungkan pengetahuan yang telah dipelajarinya terdahulu
Mengumpulkan informasi tahapan penyelesaian masalah
Menyelesaikan tugas secara kelompok


Tahap 3 : Konfirmasi

Memberikan umpan balik dengan penguatan
Mengkonfirmasi hasil pekerjaan
Memberikan motivasi kepada siswa kurang/belum bisa
 
Mempresentasikan pekerjaan dimuka kelas
Memfasilitasi untuk refleksi pekerjaan temannya

C
Penutu (20 Menit)

1.      Kesimpulan :


Membimbing peserta didik dalam menyimpulkan materi pembelajaran
Evaluasi,  Menyelesaikan soal-soal dirumah
Menyampaikan rencana pembelajaran berikutnya.

Menyimpulkan materi dengan bimbingan guru
Dan
Refleksi bersama guru terhadap kegiatan yang sudah dilakukan

V.                  Sumber belajar / Bahan /Alat
Alat : Infocus dan Laptop, Alat peraga
Sumber Belajar : LKS, Buku paket siswa

VI.                Penilaian
Teknik/Jenis Tagihan        : Tes tertulis
Bentuk                   : Essay/Uraian

Rublik soal dan penskoran :
No
Rublik Soal
Kunci/Rublik Penskoran
1
Sebutkan Definisi :
Ruang sampel
Titik sampel
10
2
Pelemparan dua Buah Uang logam lima ratusan, Tentukan :
a.      Ruang sampel
b.      Banyak titik sampel
15
3
Pelemparan Uang logam lima ratusan dan sebuah dadu,
Tentukan :
a.      Ruang sampel
b.      Banyak titik sampel
20
4



25

Skor jawaban Maksimum
100


 Mengetahui                                                                           Pangkalan Balai, Mei  2012
Kepala Sekolah                                                                       Guru Bidang Studi



Sulaiman, S.Pd., M.Si                                                             Media Harja, SPd

FACEBOOK

PENGIKUT

BUKU TAMU